Kamis, 31 Maret 2011

PENGETAHUAN KONSUMEN


Nama  : Desima Ramalia                              
NRP    : C44080042
Resume kuliah ke-6, 24 Maret 2011

            Pengetahuan konsumen adalah kumpulan pengetahuan yang dimiliki konsumen mengenai produk dan jasa (berhubungan dengan fungsi konsumen).



Kelas produk adalah tingkat pengetahuan produk (meliputi bentuk, merek/model).
Ø  Menurut Engel, Backwell, Miniard : 1.Pengetahuan produk, 2. Pengetahuan pembelian, 3.Pengetahuan pemakaian.

Jenis pengetahuan produk , meliputi 3 jenis yaitu :
1.    Pengetahuan atribut / karakteristik produk (relative berbeda tiap konsumen)
2.    Pengetahuan manfaat produk (mempengaruhi keputusan pembelian)
3.    Dua jenis manfaat yaitu fungsional (dirasakan secara fisioogis) dan psikososial (dirasakan secara psikologis dan sosial). Benefit segmentation adalah manfaat produk yang menjadi dasar melakukan segmentasi pasar.
Persepsi resiko terdiri dari resiko fungsi, keuangan, fisik, psikologis, sosial, waktu, dan resiko hilangnya kesempatan.
Pengetahuan pembelian, terkait (perilaku membeli) yaitu informasi konsumen dalam mengetahui kapan dan dimana tempat membeli produk. Perilaku membeli memiiki urutan yaitu store contact (mencari lokasi belanja), product contact (mencari produk), dan transaction (cara pembayaran).
Pengetahuan pemakaian, konsumen mengkonsumsi sesuai dengan aturan yang benar dan produsen harus menyampaikan aturan pemakaian dengan benar. Pengetahuan ini mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar