Selasa, 22 Maret 2011

BAB 5. PROSES BELAJAR KONSUMEN

Nama : Desima Ramalia Resume kuliah 5, 17 Maret 2011
NRP : C44080042
Dosen : Ujang Sumarwan

BAB 5. PROSES BELAJAR KONSUMEN


Proses belajar adalah cara memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan diterpkan pada perilaku. Syarat proses belajar yaitu adanya motivasi, isyarat, respon, dan pendorong/ penguatan.
Jenis-jenis proses belajar:
1. Proses belajar kognitif, karena perubahan pengetahuan yang menekankan pada proses mental konsumen untuk mempelajari informasi.
2. Proses belajar perilaku, karena konsumen bereaksi dengan lingkungan), dibagi menjadi :
• Classical conditioning, prinsipnya pengulangan, generalisasi stimulus, dan diskriminasi stimulus (contohnya percobaan Pavlov). Aplikasinya :
1. Pengulangan (frekuensi yang berkali-kali).
2. Generalisasi stimulus, yaitu seperti perluasan Lini produk dan Merek keluarga, Me-too products, similar name, licensing, generalisasi situasi pemakaian
3. Diskriminasi stimulus adalah posisi dimana konsumen dapat mengambil kesimpulan yang sama dari stimulus yang berbeda, yaitu seperti positioning dan differentiation.
• Proses belajar instrumental (Operant conditioning) dalah proses belajar konsumen karena menerima imbalan yang positif atau negative dari mengkonsumsi produk. Konsep-konsepnya yaitu penguatan posiif, penguatan negative, hukuman (punishment), kepunahan (extinction), dan shaping.
• Observational atau social learning adalah proses belajar konsumen ketika mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konskuensi dari perilaku tersebut. Observational atau social learning mempengaruhi strategi pemasaran yaitu dapat mengembangkan respons baru, mencegah respons yang tidak dikehendaki, dan memfasilitasi respons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar