Senin, 21 Maret 2011

bab 4 perilkon


Nama  : Desima Ramalia                                            Resume kuliah 4, 10 Maret 2011
NRP    : C44080042
Dosen : Ujang Sumarwan


Pengolahan informasi pada konsumen terjadi bila panca indera menerima input dalam bentuk stimulus (berupa merk, produk, kemasan, produsen, dll).
Tahap pengolahan informasi :
1.    Pemaparan (exposure) , menyadari adanya stimulus.
·         Sensasi : rasa stimulus yang datang pada panca indera konsumen
·         Ambang absolute : jumlah minimum intensitas (stimulus) yang diperlukan untuk merasakan sensasi
·         Ambang berbeda : jumlah minimum perbedaan suatu intensitas stimulus (50%)
2.      Perhatian (attention) , alokasi kapasitas pengolahan atas stimulus (stimulus akan diseleksi untuk mendapat perhatian). Faktor yang mempengaruhi perceptual selection yaitu faktor pribadi (motivasi, kebutuhan, dan pengalaman) dan faktor stimulus.
3.      Pemahaman (comprehension), interpretasi makna stimulus atau pemberian makna dari stimulus yang dipengaruhi oleh pengetahuan konsumen.
· Figure dan group (memisahkan objek dengan latar)
· Grouping (pengelompokan) dengan prinsip kedekatan (proximity), kesamaan (similaytry), dan kesinambungan (continuity).
· Closure (pemahaman utuh dari konsumen tanpa harus menyeluruhkan objek)
4.      Penerimaan (acceptance), dampak persuasif stimulus (output dari pengolahan informasi).
5.      Retensi (retension), pengalihan makna stimulus dan persuasif ke long-term memory. Informasi yang disimpan adalah interpretasi terhadap stimulus.  Ada tiga macam memori yaitu sensory memory, short-term memory, dan long-term memory.

Rehearsel: kegiatan mental konsumen untuk mengingat informasi yang diterima dan menghubungkannya dengan informasi lainnya yang sudah tersimpan di memori.  Tujuannya untuk menhan informasi dalam short-term memory dalam waktu yang lama agar dilakukan encoding.
Encoding: proses penyeleksian sebuah kata/ gambar untuk menyatakan suatu persepsi.
Retrieval: cara konsumen untuk mengingat kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar